Monday, January 17, 2011

JALAN JALAN KE HARBIN

Waktu pertama gua bilang mau ke Harbin, pada nanya :"apaan sih Harbin?" Lhaaa..pada belom tau ya? ( Makanya banyak2 baca dan nonton Tv biar jauh dari kebodohan. Hahahaha. ini kata iklan lohhh yaa, bukan kata gua.... ). Kalo g sih sebelom mau pergi kesini dah tau dong....hehehehe...sotoy.com. Soalnya gua kan sering baca dan liat foto2 orang yang suka travel tuh. Ternyata Harbin tuh dah jadi salah satu icon wisata di China loh. Kalo belom pernah tau berarti nih kota emang masih perlu promosi lagi gede2an biar orang2 tau en familiar seperti kalo kita bilang : "mau ke Bali." pasti kan ga ada yang nanya Bali apaan. Nahh...sekarang gua bantuin tuh kota promosi deh lewat blog gua...

Sebelomnya begitu tau kalo jalan2nya taon ini melenceng dari target semula yaitu ke Jepang...( huaahhhh Jepang gituuu lohhh )...rasanya maless pergi deh. Apalagi dikasih tau jg klo di Harbin suhunya pas puncak terdinginnya emang bulan Januari bisa mencapai -40 derajat. Minus sodara2, dibawah nol derajat. Jadi lebih dingin dari kulkas! Dan emang saat bulan Desember aja suhunya udah -20an. Lhaa di kantor gua AC nya yang 20 derajat aja gua udah berjaket, ini malah mao ke tempat yg suhunya minus gila2an. Gubrakkkk deh. Semoga aja pulang dari Harbin badan jadi kebal nih di kantor ga perlu jaket2an lagi. Hehehehe..

Trus kan dari yg sebelomnya pergi2 udah ada jaket, syal, topi, sarung tangan dll, tapi berhubung tempatnya sangat dingin, persiapannya kali ini lebih extra lagi deh. Tadinya gua ga mau beli jaket winter lagi. Gua masih nyantai2 aja merasa ga perlu beli lagi en pake yang dulu2 aja. Tapi kok peserta yg laen dah mulai beli2 jaket kulit, sarung tangan kulit, kaos kaki kulit...hahhhh, kenapa semua dari kulitttt? Konon katanya klo dari kulit (terutama kulit domba), itu lebih tahan dari dingin , lebih hangat gitu deh promosinya sih. Yasudah, ikut2an lah beli sarung tangan dan kaos kaki kulit. Jaket juga jadi beli lagi tapi bukan kulit, ini jaket belinya khusus di factory outlet yang khusus jual perlengkapan winter buat diexport ke Jerman merknya St.Oliver dan katanya ga dijual di Indo. Weleh2 beruntung juga bisa nemuin outlet ini. Ga ketinggalan syal dan topi juga beli lagi. Haiyaaa, kenapa yaaa ga tahannn banget sih klo ga beli2..padahal tiap kali juga tau klo barang2 winter yg dibawa dari Jakarta selalu ga kepake pas dah nyampe di tempat tujuan. Lha wong di negara tujuan itu ngebelatak kok semua barang2 perlengkapan winter, dah gitu keren2 pula modelnya. Payahhh deh emang nih klo jd cewe...hasilnya apa? Pas ngepak2 itu tas koper dah penuh sendiri aja cuman isi jaket, boot dan perlengkapan winter lainnya. Nah kayak gini deh sebagian koleksi gua :





Trus karena kita harus penyesuaian suhu badannya dulu supaya ga drastis pindah tempat dari indo yg panas ke Harbin yg extra dingin, kita ga langsung ke Harbin, tapi mampir ke kota Qing Dao. Jadi ceritanya mulai dari sini dulu ya....

QING DAO
Kota ini terletak di selatan Beijing yang termasuk provinsi Shandong. Jadi rutenya kita terbang dari Jakarta ke Beijing, lanjut naek local flight ke Qing Dao. Oh iyaa, suhu disini juga dah mulai dingin, sekitar -8, ditambah lagi klo ada angin, wuihhh semriwing rasanya. Sampe kota Qingdao pas jam makan siang, jadi langsung makan deh. Makanannya sih kebanyakan Shantung taste, rasanya asin dan pedes2 gitu. Dan seperti biasa, gua ga sempet fotoin makanannya karena klo makan rame2 gini biasanya semeja sama boss , selain jaim, ga enak ati klo foto2 mulu, ditambah dah pada kelaparan juga. Pasti ludes langsung klo gua sibuk foto mah yah ga kebagian. Hehehehe.... Setelah makan kita diajak ngunjungin TsingTao Beer factory yang katanya birnya terkenal dimana2. Tapi suwer, gua baru tau hari ini..maklum deh bukan peminum bir.hehehehe..




Didalem museumnya tuh diliatin mesin2 pengolah bir, macem2 birnya dan juga kita dikasih tester birnya yang menurut gua pait banget rasanya. Tapi tradisi disini emang dikasih minumnya bir klo makan di resto, jadi mau ga mau sering banget ketemu bir, tiap kali makan dicekokin en diajak kampe dan lama2 lidah gua ba'al en malah doyan dikit2 mah. Hehehehe..apalagi dikasih kacang, bisa setengah gelas kecil abis tuh. Asal jangan keterusan aja pas nyampe Jakarta nyarinya bir mulu, bisa gawat nihhh....hehehehe



Abis itu kita lanjut ke Qingdao Guest House yg konon katanya merupakan tempat tinggal Gubernur Jendral Jerman. Tapi dalemnya biasa2 aja dan gua paling ga berminat sama urusan sejarah, jadi fotonya kagak banyak. Hehehehe, lagian biasa aja tempatnya, kurang menarik. Udah gitu anginnya kenceng banget , jadi ga lama2 disini.


Dari sini kita lanjut lagi ke Small Fish Hill, dimana kita bisa menikmati kota Qingdao dari ketinggian.




Wahh disini baguss banget viewnya. Ada pagoda nya dan kita bisa liat pantai dan laut dari ketinggian. Kereennn...tapi anginnya sungguh menusuk tulang , jadi paling cuman sejam disini dan tiba2 udah gelap aja jadi ga bisa foto banyak2 juga. Apalagi pas nyampe hotel, ternyata heaternya ga nyala maximal, jadi gua tidur dengan ber longjhon ria , piyama , jaket, plus jubah mandi , selimut, sarung tangan dan kaos kaki. Padahal belom ketemu salju udah norak begini. Mana gua abis keramas pula..gubraaakk dehh. Pagi2 jam 6 kita dah cek out dari hotel trus langsung ke airport karena harus naik pesawat lagi ke Harbin. Disini agak aneh, jam 6 pagi tuh masih gelap banget langitnya, kayak jam 4 subuh. Dah gitu kita dapet breakfastnya roti tawar jadul pake sosis plus jeruk shantang 2 biji. Ampunn deh, gua mah ngebayangin nya roti kayak breadtalk gitu...taunya roti tawar biasa , kemasannya kantong kresek pula..parahhhhh! Dari hotel kita langsung menuju airport....

HARBINHarbin tuh kota paling utara China, udah di perbatasan Rusia. Tadinya jg tour gua mau lanjut ke Rusia tapi katanya ngeri klo sampe ada badai salju. Jiahhhh...klo kagak asiik kan gua bisa nyampe Rusia nih. Dari Qing Dao perjalanannya dua jam aja pake pesawat. Pas liat dari atas emang udah salju semua tuh en diinfo in klo suhu di Harbin siang ini udah -26 Derajat celcius. Wakkksss...parno deh, semua baju tebal dan jaket yg dibawa langsung dipake semua. Gilaa tebeelll banget baju gua..jangan ada yg suruh jongkok aje, pasti ga bisa bangun.

Pertama sampe kita langsung diajak guidenya ke toko perlengkapan winter buat beli2 bagi yang merasa belom punya perlengkapan perang yang cukup. Semua rame2 menyerbu sepatu boot, celana winter dan penutup telinga. Gua yang udah bawa boot dari rumah, terpaksa beli lagi karena gua pake kaos kaki 3 biji jadi agak sempit sepatunya. Tuh sepatu boot dijual RMB 200, padahal gua tau klo di Beijing mah pasti sekitar RMB 50 an, tapi butuh mao gimana lagi. Daripada kaki keburu beku terpaksa deh diborong. Tokonya sombong banget lagi, ga pake kurang lagi, padahal kita belinya puluhan pasang. Dia tau kita butuh. Trus promosinya tuh sepatu anti slip, apaan....begitu keluar toko gua jatoh dengan sukses. Licinn banget es nya...hahahahhaa...konyol!

Pertama kita kunjungin gereja St. Sophia yang bentuknya kayak gereja2 Rusia dengan kubahnya yang berwarna ijo tua dan katanya merupakan gereja ortodox timur yang terbesar di Asia tenggara. Tapi terbesar kok dalemnya kecil aja tuh, di dalem itu ada gambar2 foto2 dan juga yang jualan souvenir. Diluar gereja itu dikelilingin mall dan lapangan luas kayak buat orang berkumpul.






Dari gereja kita lanjut ke Stalin Park, yaitu taman doang gitu sih....hahahhaa, payah gua ga begitu mengikuti sejarahnya nih. Sibuk foto2 soalnya...hehehehee...






Udah beku di taman ini, kita dibawa shopping ke toko spesial barang North East, jadi sepanjang jalan itu kiri kanan toko2. Sebenernya lumayan klo shopping disini, tapi waktunya cuman sejam. Cape dehh, cuman liat2 aja udah sejam ga kerasa.

Abis shopping barulah kita mengunjungi ICE & SNOW WORLD yang merupakan tempat pameran seni pahat es terbesar di dunia dengan lampunya yang warna warni jadinya bagus banget, padahal udara beku disini, tapi saking bagusnya yah dijabanin aja deh. Nasib gua juga kurang beruntung nih...karena dari pagi kamera dah dipake, pas nyampe sini batere kamera abisssss, huahhhhh mau foto pake apaaa coba? Pake BB pun hasilnya gelap2an...haiyaa....nyesel banget..Justru inilah tempat yang paling bagus menurut gua. Terpaksa cuman rekam pake handycam aja, difoto pake handycam pun ga bisa karena temparature too low. Semua alat2 elektronik yang pake batere dijamin ngedrop dehh....



Setelah puas berfoto2 ria disini, kita diajak dinner ke Shangrilla Hotel buat makan hotpot. Wahh, tentunya sedap mantappp dong, udah abis dingin2 diajak makan hotpot. Tapi apaan, ternyata tempat makannya pun dibuat kayak igloo, jadi dalemnya interiornya banyak terbuat dari es. Yahhh jadinya beku2 juga lah...jadi makan sambil berjaket dan bertopi lengkap. Mau pegang sumpit aja susahhh. Tapii ini pengalaman yang oke punya loh....Disini makanannya dikasih daging sampe melimpah ruah, mulai dari daging sapi, kambing, ayam, dan sayur2an. Mantap banget lahhhh pokoke....tapi sayang ga bisa bagus fotonya karena berasap dari kuah rebus2 an yang keluar dari panci kecilnya.



Abis makan, kita masuk ke Ice Bar yang ada di sebelahnya. Ini pun ga terlewatkan buat momen foto. Bagus sih...Emang sayang banget kamera gua matiiii...jadi ini semaua foto alakadarnya pake BB...haaiizzzzz!




Akhirnya abis makan kita langsung ke hotel. Hotelnya sih biasa banget, lobbynya aja kecil. Tapi katanya bintang empat sih. Yang penting kamarnya bersih, lega , heaternya jalan dan ga bau apek. Abis taro koper kita muter2 sekitar hotel buat cari souvenir. Ternyata disamping2 hotel banyak kaki lima yang dagang barang2 perlengkapan winter kayak topi, penutup kuping, sarung tangan dll dengan harga miring. Haiyaa, sayang gua dah punya banyak. Yang gua heran sih, kenapa mereka tahan banget jualan di luar begitu dengan suhu dinginnya aujubilaah yaa? Gua yang cuman keluar sebentar aja buat muter2, kaki dan tangan langsung beku. Ampunn deh, untunglah satu hari ini dah lewat. Ternyata bisa bertahan juga di dalam suhu yang saat ini katanya -36..Whaatt? pantesan bekuuuuu....

Besok paginya kita diajak ke toko barang2 Rusia, mulai dari jam, coklat, boneka rusia, dan aneka souvenir. Gua cuman beli coklat doang, abis di toko ini harganya mahal2 sih..hehhehehe


Abis itu kita langsung menuju ke Songhua River yaitu tempat Winter Swimming Show. Gilaaa juga ditempat yang beku kayak begini masih ada orang yang bisa berenang, walopun memang airnya hangat, tapi ngebayangin suruh buka baju dan cuman pake baju renang aja pasti gua mah udah jadi patung es lah...Yang berenang juga bukan orang2 muda lagi, orang2 udah setengah tua. Mungkin itulah sebabnya mereka bisa tahan, sebagian urat sarafnya udah ba'al kali yah.Dan gua juga sempet2in foto sambil gaya di salju, walopun dingiiinnnn, kapan lagi coy?! Hahahhaaa....ikut2an anak cowo aja ini sih sebenernya, kalo anak cewe mana ada yang nekad gayanya begini....wakakaakkkkk....





Udah gitu kita diajak makan siang di Hans BBQ Restaurant, yaitu makan all you can eat. Sebenernya makannya sih biasa2 aja rasanya, menunya chinese food , ada salad kayak pizza hut, kue2, buah2 an , softdrink, dan yang antiknya tuh daging2 panggangnya itu dibawa keliling sama pelayannya masih dengan panggangannya dan diiris dipiring yang ada di depan kita. Mo foto2 juga ga sempet, saking sibuk makan...hehehhehee

Setelah makan siang kita berkunjung ke Siberian Tiger Park, yang merupakan suaka bagi harimau2 Siberia yang dibiarkan hidup bebas di taman ini. Banyak juga loh harimaunya, dan kita berkeliling di situ naek mini bus, tapi setelah itu kita diturunin di pedestrian zone nya, jadi bisa jalan2 disamping kandang2 harimau gitu deh.


Terakhir kita ke Sun Island, yang setiap tahunnya dijadikan tempat penyelenggaraan Harbin International Snow Sculpture Art Expo. Jadi ada satu taman yang didalamnya berisi salju2 yang dipahat dengan berbagai model. Ada berupa gambar Monalisa, Dewa dewa yunani, tahun Kelinci 2011, dll. Sebenernya bagus banget bagi yang berjiwa seni tinggi, tapi karena pas kesini udah jam 4 an dan udah mulai gelap kayak magrib, mana kamera juga mati karena abis batere, yah terpaksa deh gua mah ga iderin semuanya sampe ke ujung2. Nyampe tengah2 aja udah balik lagi ke bis ...hehehehe, beku bo.....ahhh payah deh nih, bawa kamera cepet banget drop, jadi fotonya juga ga bisa banyak2., padahal segitu aja cap gua sebagai banci foto teteup melekat erat. huhuhhuhuhuuuu....


Akhirnya selese deh jalan2 taon ini....kesimpulan sih taon ini jalan2nya kebanyakan di pesawat, sedangkan wisatanya sendiri cuman 2 1/2 hari doang, sisanya kita abisin waktu di airport dan pesawat. Haiyaaa.....

Sent from BlackBerry® on 3

18 comments:

  1. wahh hebat2 1 postingan panjang bisa selesai dlm bbrp hari *lirik blog perjalanan gw yg belum jadi*

    itu fotonya ber es semua haha ga kebanyang dinginnya.
    Itu ice world nya bagus banget deh! Lampu warna warni di blok2 es.

    ini ikut tur gitu ya?

    ReplyDelete
  2. ini perginya sama rombongan kantor gua ngel...tapi pake tour juga dari jakarta..
    iyaaa dinginnnn boooo....bekuuu aja pokoknya...tapi lama lama kebiasa deh...hehehhee

    ReplyDelete
  3. akhirnya tahan juga disana hihi...tp keq nya lo masih kalah tahan ama sodara2 beruang kutub g huahahaaa
    ehh tutup kuping lo ga bli yg bulu2 aneka warna ? g liat sodara g pada pake kae di pelem korea hahaa bgs2 warnannya.
    itu tiger kuat amat yak ? ehh g ngiler kebayang makan hotpot ditmp dingin2 gt .
    btw potonya bgs koq !

    ReplyDelete
  4. Ven..gua juga ga nyangka bisa bertahan di cuaca extreem gitu...akhirnya lewat juga saat2 menyiksa...hahahaha..
    iya tuh tutup kupingnya yang bulu2 itu gua ga jadi beli, soalnya ga bakal kepake lagi, ga bakal ada tempat sedingin harbin lagi yang bakal dipergi in...hehehe
    Tuh tiger emang habitatnya di salju, jadi kuat2 ajee. Hotpot di jakarta kayaknya ada tuh yaa.. kapan2 hunting resto bareng deh ven...

    oh iya, thanks ya masukan buat edit fotonya...maklum ilmu gua cetek...qiqiqiqiii

    ReplyDelete
  5. tau gak sih yan, waktu itu sebenernya postingan lu ini udah muncul di google reader gua tapi ceritanya belum kelar dan belum ada fotonya. pas gua klik ke blog lu ternyata belum ada. jadi kayaknya waktu itu lu nulis sebagian trus lu save ke draft ya? nah ternyata kalo lu save, udah langsung masuk ke google reader. malah sekarang setelah lu beneran udah posting, malah jadi gak ke update lagi di google reader. aneh ya... :P

    wuiii foto lu es-es-an semua. gua jadi ikutan dingin dah ngeliatnya! hahaha. gak kebayang yan gimana dinginnya disono yaaaa...

    btw lu perginya ama kantor lu ya ternyata.. gua kirain pergi ama family... :)

    ReplyDelete
  6. oohh gini Man...waktu itu gua pake blackberry dulu ngarang ceritanya ..begitu gua posting ke blog, gua edit tambah2in foto...jd langsung simpen draft dulu editnya...makanya begitu deh kejadiannya...
    Iya sama kantor...makanya fotonya single fighter ..yg rame2 ga mungkin gua pejeng disini..ada boss hehehee....hahahha..hihihihi...
    Iyee dinginn banget Man...makanya norak liat salju....

    ReplyDelete
  7. waaaah... bagus ya sun island nya. keren2 pahatannya.

    iya kmrn itu gw dikasih tau kalo mau ke negara dingin bawa batere cadangan karena cepet drop.

    ReplyDelete
  8. iya nih Len..gua ga bawa batere cadangan ...nyeselllll banget...banyak moment2 ilang yg ga bisa difoto ....

    ReplyDelete
  9. apa yang diatas bisa dijalanin seharian mbak? tiket masuk snow world dan snow sculpturenya berapa yah?

    ReplyDelete
  10. di Harbin nya sih bisa aja seharian dikelilingin semua itu. Kalo tiket masuknya, saya lupa harganya...mungkin bisa di googling saja mbak

    ReplyDelete
  11. Mamiii!!!! Udah lama ga berkunjung nih, gw lagi cari2 tentang baju winter, eh malah nyangkut ke postingan ini. Mau info dong FO nya di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama FO nya SOT din, lokasi di Bogor, keluar tol exitnya Lakeside /danau bogor raya, nanti belok kanan, disebelah sekolah ada gang ada plang namanya..kira2 50 meter masuk gang, bentuknya rumahan....

      Delete
  12. ada rekomen penyewaan mobil di harbin ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, gak ada karena saya juga perginya pake tour, terima beres aja..

      Delete
  13. mam di harbin kalo backpack susah gak ya transportasinya ?
    ada MRT atau apa gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf novi, kalo pergi bareng tour begini, saya terima beres, jadi gak perhatiin ada mrt atau angkutan umumnya. biasanya untuk trip2 yang bareng keluarga saya, baru dehh itinnya bisa dibreakdown dan dijelasin....hehehe

      Delete